Dunia Sukab

Penulis       : Seno Gumiro Ajidarma Penerbit     : Noura Books Cetakan      : I, Agustus 2016 Tebal          : 2...
















Penulis       : Seno Gumiro Ajidarma
Penerbit     : Noura Books
Cetakan      : I, Agustus 2016
Tebal          : 230 halaman
ISBN          : 978-602-385-103-4

Sukab, tokoh fiksi yang selalu dikaitkan dengan penciptanya Seno Gumiro Ajidarma, seorang sastrawan yang sudah melahirkan banyak karya seperti Saksi Mata, Sepotong Senja untuk Pacarku, dan Ketika Jurnalisme Dibungkam, Sastra Harus Bicara, menjadi tokoh yang selalu hadir dalam buku kumpulan cerpen ini. Sukab selalu hilir mudik disetiap judul yang ada dalam buku fiksi karya Seno ini, entah menjadi tokoh utama, tokoh figuran, atau bahkan hanya sekedar menjadi tokoh yang tidak sama sekali berperan penting dalam ceritanya. Terdapat total 17 cerpen yang dibagi dalam 3 bagian (Dunia Sukab 1, 2, 3) dalam kumpulan cerpen ini.
Seno adalah seorang sastrawan yang memiliki ciri khas penulisan yang cukup berbeda dibanding sastrawan-sastrawan bangsa ini. Karya-karyanya sarat akan makna yang dalam, yang menyentuh nadi kehidupan bangsa ini. Tak sedikit karyanya yang mengkritik kejadian-kejadian yang terjadi pada bangsa ini. Seno masih saja teguh akan sumpahnya bahwa “Ketika Jurnalisme Dibungkam, Sastra Harus Bicara.”, sumpah ini senantiasa ia bawa disetiap karya yang ia tuliskan.
Dalam buku Dunia Sukab ini, banyak dari sekian cerpen yang terhimpun berisi tentang kritik sosial Seno yang diungkapkannya melalui sastra. Sebut saja cerpen yang berjudul Carmina Burana. Seno bercerita tentang bagaimana carut-marutnya pemilihan kepala negara disebuah tempat. Cerpen ini menceritakan sejumlah orang berbondong-bondong ikut melihat kampanye calon-calon kepala negara yang sedang bertarung di sebuah kontestasi politik, namun naasnya pada akhir cerita dituliskan tidak sama sekali orang-orang tersebut dicerahkan oleh sebuah pilihan yang pasti. Tidak ada calon yang mereka sebut layak untuk dipilih, bahkan ada guyonan bahwa sebenernya mereka tidak memilih sama sekali. Ada lagi cerpen yang berjudul Telepon dari Aceh, cerpen ini menceritakan tentang kehidupan koruptor dan keluarganya yang serba mewah, dan bagaimana mereka menurunkan sifat-sifat koruptor ke anak-cucunya.
Buku Dunia Sukab ini merupakan buah karya sastra Indonesia yang coba diterbitkan oleh Noura Books dalam upaya untuk menerbitkan seri sastra Indonesia. Selain Dunia Sukab karya lain yang diterbitkan adalah Orang-orang Bloomingtoon karya Budi Darma dan Dilarang Mencintai Bunga-Bunga milik Kuntowijoyo. Dalam catatan penerbit diharapkan dengan sengaja menghadirkan karya-karya sastrawan besar generasi milenial bangsa ini untuk memberi oase permenungan dan mempertebal kecintaan kepada sastra dan Bahasa Indonesia.
Buku Dunia Sukab ini menjadi satu kumpulan cerpen yang layak dimiliki oleh bukan saja pecinta dan pemerhati sastra di Indonesia, namun khalayak umum yang tertarik dengan bagaimana kejadian-kejadian sosial di Indonesia dikritik dengan baik melalui karya sastra. Tulisan-tulisan yang renyah dan sarat akan makna serta menggunakan bahasa sehari-hari menjadikan karya-karya Seno bukanlah karya kaum tertentu saja, namun dimiliki oleh seluruh Bangsa Indonesia

21 Maret 2017

Surabaya

You Might Also Like

1 komentar

  1. Wih boleh pinjem kaga Kal? Atau ga barter bentar wkwk

    ReplyDelete