Arus Balik (Resensi)

Arus Balik Penulis     : Pramoedya Ananta Toer Penerbit   : Hasta Mitra Cetakan   : I, Agustus 1995 Tebal        ...

Arus Balik






Penulis     : Pramoedya Ananta Toer
Penerbit   : Hasta Mitra
Cetakan   : I, Agustus 1995
Tebal           : 760 halaman
ISBN       : 979-8659-04-x

Seperti biasa Pramoedya selalu ‘menyentak’ para pembaca dengan karya-karyanya yang legendaris. Arus Balik menjadi satu contoh bagaimana ia bercerita tentang sejarah nusantara yang pernah berjaya sebagai peradaban maju diantara negeri-negeri di dunia lewat kejayaan Majapahit. Lewat jalur kemaritiman lah Majapahit dapat bercerita bagaimana sebuah kejayaan atas negeri Atas Angin dapat dikuasai dengan tersebarnya pengaruh, citra, budaya, dan perdagangan. Hal ini digambarkan oleh Pram dengan arus yang bergerak dari penjuru selatan (Nusantara) ke arah utara (Atas Angin). Hal ini terus berlangsung ketika Majapahit dapat menguasai perairan nusantara dengan kegagahan armada maritimnya yang dipersenjatai cetbang yang terkenal kemahsyurannya serta kesatuan nusantara atas sumpah palapa yang terkenal dari mahapatih gajah madanya. Namun segala kejayaan tersebut perlahan runtuh ketika majapahit hancur karena kerusakan dari pemberontakan-pemberontakan yang terjadi di dalamnya. Hal ini menyebabkan kemerosotan hingga memutar balikan keadaan nusantara menjadi alas kaki negeri atas angin. Hal ini digambarkan oleh Pram dengan berubahnya arus dari selatan ke utara menjadi utara ke selatan.

Dalam novel sejarah ini kita diajak menyelami bagaimana kesusahan yang terjadi ketika nusantara terpecah belah menjadi kerajaan-kerajaan kerdil dan kapal-kapal majapahit yang mahsyur karena megahnya ikut mengecil mengikuti mengerdilnya kerajaan-kerajaan yang ada. Pembaca pada awal mula dibawa menuju pedalaman Tuban yang menjadi tempat utama berjalannya cerita Arus Balik ini.

Dikisahkan seorang bijak bernama Rama Cluring yang berkelana berkeliling desa untuk bercerita tentang kemahsyuran Majapahit dengan kapal-kapalnya serta cerita arus selatan-utara mendatangi sebuah desa bernama Awis Krambil. Dalam ceritanya ia mengutuk tentang perpecahan yang menjadikan Majapahit runtuh dan berbaliknya arus menjadi selatan-utara. Karena pengaruh kekuasaan Tuban dan ketakutan penduduk desa akan prajurit-prajurit Tuban, cerita Rama Cluring dianggap mereka sebagai satu malapetaka yang akan membuat desa mereka dihancurkan oleh para prajurit Tuban. Maka Rama Cluring dikucilkan oleh penduduk desa dan diusirnya dari desa Awis Krambil. Namun ada sepasang muda yang setia mendengarkan Rama Cluring, mereka adalah Galeng dan Idayu, yang kelak akan menjadi tokoh utama dalam cerita ini. Galeng adalah pemuda desa yang ahli dalam bergulat, bahkan telah memenangi kejuaran gulat yang diadakan kerajaan Tuban. Idayu tak kalah hebat, ia adalah pemegang juara bertahan penari seantero Tuban, konon tak ada yang bisa mengalahkannya dalam hal menari maupun kecantikan, seantero Tuban!

Singkat cerita Galeng dan Idayu kembali mengikuti kejuaraan gulat dan tari di Tuban mewakili desa Awis Krambil. Kemenangan ditangan mereka dan mereka dihadiahi pernikahan mewah oleh kerajaan Tuban. Sekaligus Galeng diterima sebagai pegawai kerajaan Tuban untuk mengurusi adipati Tuban.

Galeng diamanahi sebagai syahbandar-muda membantu Thalib Sungkar Az-Zubaid, peranakan Moro, Syahbandar Tuban menggantikan Rangga Iskak. Rangga Iskak kelak setelah terusir dari Tuban menjadi Kiai Benggala atau Sunan Rajeg, pemberontak Tuban yang berambisi membalas dendamnya pada Tuban karena telah mengusirnya dari Kesyahbandaran. Idayu mengikuti suaminya tinggal dalam Kesyahbandaran bersama syahbandar Tuban. Pada cerita ketika Galeng meninggalkan idayu untuk menumpas pemberontakan oleh Sunan Rajeg, syahbandar Tuban, Thalib Sungkar Az-Zubaid, membius idayu dan menyetubuhinya hingga Idayu mengandung. Hal ini diketahui Galeng dan membuat Idayu hina diri hingga meminta suaminya untuk membunuh ia dan bayi yang lahir dari rahimnya. Namun karena cinta Galeng pada Idayu akhirnya ia tidak membunuh istrinya melainkan merawat anak itu hingga besar.

Ketika Galeng sedang berusaha menumpas pemberontakan Sunan Rajeg, terjadi kegaduhan yang menyebabkan ia membunuh Senapati Tuban dan mengikrarkan dirinya sebagai Senapati Tuban yang baru. Atas kecerdikannya dalam berperang melawan pemberontak Sunan Rajeg akhirnya ia dapat menumpas pemberontakan tersebut.

Sebelumnya terjadi peristiwa bahwa Malaka telah berhasil direbut oleh Peranggi, negeri atas angin yang berambisi menguasai dunia. Peranggi mahsyur dan terkenal karena kapal-kapalnya serta senjata yang mereka punyai yaitu meriam. Diceritakan cetbang yang membawa Majapahit pada kemahsyuran pun berlutut pada meriam milik Peranggi. Karena keserakahan dan ancaman Peranggi terhadap Nusantara akhirnya dari kerajaan Demak melalui musafir-musafirnya menyiarkan kabar untuk persatuan Nusantara dalam melawan Malaka. Adipati Unus Jepara lah yang bermaksud untuk mengusir Peranggi dari Malaka, dari Nusantara. Usaha pertamanya mengalami kegagalan karena meriam Peranggi dan yang paling utama berkhianatnya Adipati Tuban kepada Demak dengan telat mengirim pasukannya saat menggempur Malaka. Hal ini menyebabkan Adipati Unus Jepara luka parah terkena serpihan cetbangnya sendiri.

Singkat cerita Adipati Demak, Adipati Patah meninggal dunia dan digantikan oleh Adipati Unus Jepara. Masih dalam pendiriannya bahwa untuk memperbaiki Nusantara satu-satu jalan adalah menghalau Peranggi dari Malaka ia menyerukan seluruh kerajaan di Nusantara untuk bersatu melawan Peranggi. Ia dirikan galangan besar di Jepara untuk menghasilkan kapal-kapal perang besar. Kurang lebih 70 buah kapal perang yang disiapkan untuk menghalau Peranggi dari Malaka.

Naas sebelum hal itu terwujud, Adipati Unus wafat dibunuh oleh saudara kandungnya sendiri Sultan Trenggono. Sultan Trenggono lebih bernafsu untuk menguasai Jawa daripada menghalau Peranggi dari Malaka. Maka seluruh kekuatan yang telah dibangun pada zaman Adipati Unus dialihkan untuk menguasai Jawa dengan bantuan Sultan Fatahillah, pangeran Pasai yang terbuang ketika Pasai jatuh ketangan Peranggi. Karena kerakusan ini Demak tidak lagi dipercaya oleh kerajaan-kerajaan di Nusantara dan bantuan dari mereka tak lagi datang pada kerajaan Demak. Ditambah lagi pengkhianatan Demak terhadap gabungan pasukan Aceh-Tuban-Makasar yang sudah berjalan menuju Malaka. Saat itu Demak malah berbelok untuk menguasai Pajajaran dan Sunda Kelapa yang ada di Jawa sebelah Barat. Dalam kisahnya Sultan Fatahillah yang berhasil menguasai Sunda Kelapa dan menghalau Peranggi dari sana menamai daerah tersebut menjadi Jayakarta.

Demak semakin mendesak Jawa dan mulai mengarah ke Timur Jawa. Tuban menjadi target utama karena pada saat itu Tuban menjadi bandar besar yang penting pada pelayaran di Jawa Timur. Maka penyerangan dilaksanakan, Demak berhasil menguasai Tuban dan Adipati Tuban wafat tepat sebelum Demak menguasai Tuban. Hanya dalam beberapa hari Tuban mampu membalikan keadaan melalui Patihnya. Namun disaat Tuban telah kelelahan menghalau Demak dari daerah kekuasaannya, Peranggi datang dan mengusir Tuban hingga pergi dari tanahnya sendiri.

Disaat inilah Galeng yang telah dianugerahi gelar Senapati Wiranggaleng melancarkan serangan balasan dengan siasat baru yang belum pernah dilakukan selama peperangan yang ada di Jawa, menyerang ketika malam hari. Penyerangan itu sukses dan Tuban kembali di tangan kerajaan Tuban. Hal ini menjadi kemenangan bagi penduduk serta prajurit Tuban.

Tuban yang dalam keadaan kekosongan kekuasaan menginginkan Senapati Wiranggaleng menjadi Adipati Tuban, namun dia menolak. Lalu ia mengucapkan kata-kata mahsyur yang ia dapat dari gurunya Rama Cluring.

“Dahulu, di jaman kerajaan Majapahit, arus bergerak dari selatan ke utara, dari antara bangsa-bangsa beradab di muka bumi ini. Kapal-kapalnya, muatannya, manusianya, amal dan perbuatannya, cita-citanya-semua, itulah arus selatan ke utara. Segala-galanya datang dari selatan. Majapahit jatuh. Sekarang orang tak mampu lagi membuat kapal besar. Kapal kita makin lama makin kecil seperti kerajaannya. Karena, ya, kapal besar hanya bisa dibikin oleh kerajaan besar. Kapal kecil dan kerajaan kecil menyebabkan arus tidak bergerak ke utara, sebaliknya, dari utara sekarang ke selatan, karena Atas Angin lebih unggul, membawa segala-galanya ke Jawa, termasuk penghancuran, penindasan, dan penipuan. Makin lama kapal-kapal kita akan semakin kecil untuk kemudian tidak mempunyai sama sekali.”

Karena kesadaran akan ketidak-mampuanya ia hanya menitipkan pesan tersebut kepada para kepala prajurit Tuban. Ia menyangsikan bahwa kemenangan Tuban mengusir Peranggi bukanlah sebuah kemenangan yang sesungguhnya. Namun mengusir Peranggi dari Malaka, dari Nusantara adalah sebuah kemenangan yang sesungguhnya dan ia tidak menyanggupi hal tersebut. Ia menekankan hal tersebut kepada para kepala prajuritnya, dan jika hal itu tidak tercapai selamanya Nusantara akan berada dalam kuasa negeri Atas Angin tersebut. Wiranggaleng pergi ke pedalaman bersama istrinya Idayu serta anak aslinya Kumbang. Ia menjadi sesuatu yang diimpikan bersama istrinya selama ini, petani yang tenang menjalani hidup apa adanya tanpa ada kegusaran akan dunia. Namun pada lubuk hatinya, Galeng tetap menyimpan perasaan tidak nyaman akan keberadaan Peranggi di Nusantara dan pengusiran dari Malaka adalah suatu hal yang harus.

Arus Balik mengajari kita bagaimana kekuatan maritim adalah kunci utama Nusantara dapat berjaya, membawa arus selatan ke utara. Persatuan Nusantara dalam satu bendera juga menjadi hal mutlak untuk mewujudkan hal tersebut. Keserakahan Sultan Trenggono untuk menguasai Jawa adalah pelajaran bahwa keserakahan malah akan membikin kehancuran pada diri sendiri.

Pram menyajikan novelnya sungguh baik, hampir lengkap bahkan. Dengan detil cerita serta konflik antar tokoh yang membuat rasa penasaran terus membuncah, serta bumbu-bumbu pengkhianatan hingga cinta yang ada membuat Arus Balik tidak hanya menjadi Novel Sejarah Nusantara namun menjadi satu Novel yang menceritakan bagaimana kehidupan pada zaman itu. Adat-adat setempat yang ada serta masuknya pengaruh agama baru dalam tatanan masyarakat disajikan dengan rapih. Arus Balik menceritakan semua itu, membuat karya legendaris Pram ini wajib dibaca oleh masyarakat Indonesia, terkhusus generasi mudanya.

Nusantara yang dulu menjadi hulu dunia, berbalik menjadi hilir karena perpecahan dan kelupaannya terhadap kekuatan maritim yang begitu penting, menjadi ‘tamparan’ bagi Indonesia sekarang. Intisari Arus Balik sesuai dengan apa yang terjadi saat ini dan harus bisa menjadi pelajaran yang berharga untuk Indonesia. Dan pertanyaannya adalah akankah Nusantara terus menjadi hilir dunia ataukah Arus akan berbalik kembali dari Selatan menuju Utara?

16 Januari 2017
Lampung


You Might Also Like

1 komentar

  1. Tujuh belas tahun yang lalu saya baca buku ini, dan sekarang saya mengulang membaca buku ini. Pesan-pesan di dalam buku ini memang masih akurat sampai sekarang.

    ReplyDelete